Penyakit CB150 R Gen lawas

Muncul CB 150 R Street Fire waktu itu honda lagi panas - panasnya karena yamaha vixion gak terkalahkan. Akhirnya muncullah produk ini, sebagai jawaban honda untuk melawan yamaha. Spek nya mirip dengan vixion yaitu mesin DOHC , berpendingin radiator, fuel injection dan masih banyak lagi. Sehingga menambah pilihan konsumen agar gak bosen dengan produk yang itu itu aja.

Ketika kita memiliki kendaraan bekas yang itu notabene udah usia lebih dari 5 tahun sebaiknya kita lebih care sama kendaraan kita. Karena semua barang elektronik dan seal karet penyekat mesti memiliki usia pakai. Seperti contoh kasus yang saat ini saya tangani saat ini cukup unik. Datang CB 150 dengan keluhan tarikan ngempos. Untungnya si pemiliki rela untuk meninggalkan motornya untuk di analisa kerusakan selama semalam. 

Tanpa modal scanner saya coba lakukan reset ECU, pada indikator kedipan engine tidak muncul kedipan sema sekali. Artinya tidak ada yang bermasalah. Coba saya bersihkan koil busi, throttle body dan filter udara hasilnya tetap belum ketemu. Problem adalah ketika pagi dinyalakan sulit dan ketika masuk gigi 1 waktu tarik gas tiba - tiba tarikan ngempos dan rpm drop seperti kekurangan bensin dan udara.

                                    

Setelah saya coba bongkar semua yang berhibungan dengan bensin ketemulah fuel pump  yang bermasalah. Setelah coba saya gali informasi kepada yang bersangkutan beliau pernah dibawa ke bengkel resmi dan ditarik sebesar 700rb karena fuel pump yang bermasalah. Cara mengecek fuel pump itu cukup mudah. Siapkah dua wadah, bensin 1 liter dan aki. Bongkar seluruh kabel yang terhubungan dan ambil pompa bensinnya lalu pasang kutub positif dan negatifnya setelah itu pasang selang kecil di ujung keluarnya bensin. Masukkan air satu liter ke wadah dan masukkan fuel pump kedalam biarkan terendam. Pasangkan kutub positif dan negatifnya  ke aki. Silahkan lihat seberapa kuat bensin menyembur melalu selang tersebut. Normalnya aliran bensin tersebut akan mengalir deras. Bisa kalian bandingkan dengan yang lama. Biasanya alirannya lemah seperti yang ada mampet di dalam fuel pump nya.



Selanjutnya setelah itu coba balik fuel pump nya apakah bensin tadi yang terhisap bisa mengucur deras atau tidak. Normal nya tidak, karena injeksi itu alirannya bensinnya diatur oleh pompa bensinnya atau fuel pump nya. Jadi gak bisa terus menerus mengucur dari pompa bensin tersebut. Masalah di CB150 ini terlihat ketika selang bensin dibuka yang mengalir ke throttle body bensin mengalir terus tanpa henti. Ini patut diwaspadai karena secara tidak langsung throttle body bisa kebanjiran bensin akibat pompa bensin bocor gak mau berhenti meskipun tidak menyala. Normalnya rata-rata motor injeksi ketika selang bensin di cabut bensin gak akan keluar terus menerus karena pompa bensin tidak menyala. 

Mungkin kalau di karburator bisa di analogikan seperti brebet karena bensin terlalu banyak di karburator. Penyakit ini sebetulnya sepele. Yaitu kuras tangki bensin. CB150 diawal produksi masih ada beberapa kendala seperti air masuk tangki mirip pendahulunya dulu. Jadi ritual kuras tangki ini wajib dilakukan minim 1 tahun sekali. Supaya selain menghindari dari karat pada tangki juga menyelematkan pompa bensin kalian. Alternatif ketika pompa bensin CB150 ini mahal bisa diganti miliki beat. Sama plek tinggal pasang aja. Tinggal beli yang ori dijamin aman.

Belum ada Komentar untuk "Penyakit CB150 R Gen lawas"

Posting Komentar

Bagaimana menurut pendapat kalian.. silahkan like,share dan komen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel