Review Oli Encer lagi, Mobil Super 0W20 All in One Protection

Memang gak ada habisnya pertarungan oli dikelas encer untuk mobil ECO. Kelas ECO saat ini memang lagi gencar-gencarnya dipasarkan. Selain wajib memenuhi EURO yang lebih tinggi pastinya menuju arah penghematan BBM secara besar-besaran. Rata-rata pabrikan akan membuat mesin 3 silinder dengan turbo charger. Dengan harapan material dibutuhkan sedikit memangkas cost production selain itu juga yang paling utama penghematan bahan bakar. Mesin kecil dengan turbo charger akan menghasilkan tenaga setara dengan mesin berkapasitas besar tanpa turbo charge. Misal mesin eco boost milik ford yang hanya memiliki kapasitas mesin 1.500 cc + turbo tenaga yang dihasilkan lebih tinggi dibandingkan dengan mesin fortuner bensin 2.700 cc non turbo. Karena kapasitas mesin hanya 1.500 cc otomatis konsumsi BBM irit. 

Jadi apa hubungannya dengan oli 0W20 ini? yaitu efisiensi bahan bakar. Oli encer hasilnya poros engkol lebih mudah berputar. Tapi tidak semudah itu teorinya karena ada beberapa syarat ketika memilih oli encer.

Pertama wajib memiliki radiator yang lumayan besar. Radiator imut-imut mending pakai 5W30 karena spek ini lebih mentolerir panas mesin.

Kedua wajib automatic. Karekater automatic yang gak bisa maen di rpm tinggi membuat mesin jarang berteriak dan jarang mengalami panas tinggi. Berbeda hal jika menggunakan mode paddle shift secara manual.

Oli dengan spesifikasi 0W20 gak boleh asal. Harus benar-benar teruji dan sudah digunakan banyak orang. seperti ENE*S , PT*, M*BIL, AMSO*L, Q*, TOT*L merk tersebut rata-rata memiliki lapisan film yang baik pada mesin mobil. Meskipun dalam keadaan macet panjang suara mesin masih tetap halus, meskipun dipakai lebih dari 3000 km tarikan masih enak. Yang tak kalah penting yaitu minim sludge atau endapan pada jeroan mesin mobil.

Kembali lagi ke oli mobil super 0W20 ini botolnya unik. Terdapat barcode scan yang memudahkan kita untuk mengidentifikasi oli ini. Jadi minimal kendaraan kita terselamatkan oleh oli palsu. 

Terdapat kode nomer yang ditandai titik warna pada posisi warna tertentu. Metode ini cukup unik menurut saya. Terdapat sembilan angka pada botol kemasan. Setelah itu tinggal cocokan antara nomor yang tadi kita scann dengan nomor yang terdapat pada botol kemasan



Selanjutnya segel pembuka tutup botol yang cukup unik

Menurut saya ini cukup lumayan bagus tutupnya. Selain terdiri dari alumunium foil juga terdapat kertas sebagai penarik yang mudah rusak. Mungkin dibikin seperti ini untuk pengamanan ganda agar terhindar dari pemalsuan.

Untuk spek oli ini sudah memiliki sertifikat API SP, dengan harga 110rb cukup bagus menurut saya. Karena spek API SP untuk mobil dengan teknologi turbo charger sangat dibutuhkan. Syarat mesin berturbo memang harus memiliki kualitas oli yang sangat baik. Agar komponen yang berada di dalam turbo tidak mudah aus. Turbo berputar di puluhan ribu rpm serta harus memutar gas buang juga sehingga membutukan oli yang selain encer tetapi ketahanan panasnya cukup baik.

Oli ini klaim pabrikan memiliki fitur Heat Activated dimana oli ini memberikan lapisan sebesar 65% ke mesin ketika berada pada performa puncak. Mungkin seperti oli punya castrol magnatec molekul pintar. Bedanya ini memberikan lapisan lebih baik ketika mesin berada diperforma puncak. Menurut saya masuk akal. Dengan kekentalan 0W20 stater diwaktu dingin oli sudah otomatis melumasi semua celah mesin dengan cepat. Tinggal bagaimana caranya oli ini bertahan di kondisi panas tinggi.

Fitur lainnya sama dengan oli diatas 80rb an yang sama-sama memiliki sertifikat API SP. Sama-sama perlindungan terhadap LSPI (Low Speed Pre Ignition), perlindungan terhadap turbo charger, perlindungan terhadap deposit carbon dan masih banyak lagi. 

Kalo dibandingkan dengan ENEO* ASIA, PT* ECO Syntetic, jujur oli ini lebih enak. Mungkin klaim pabrikan oli ini full sintetik benar. Tapi kalo punya uang lebih tambah dikit sudah dapat ams**l. 






Belum ada Komentar untuk "Review Oli Encer lagi, Mobil Super 0W20 All in One Protection"

Posting Komentar

Bagaimana menurut pendapat kalian.. silahkan like,share dan komen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel