Cara murah dan efektif perbaiki aki kering yang tekor



Sudah bukan barang baru aki disetiap motor injeksi wajib diganti jika sudah mulai melemah. Alasan masih menggunakan aki basah adalah masa pakainya yang lebih panjang. Tapi aki basah sudah jarang digunakan karena ribetnya harusnya mengecek ketinggian cairan. Akhirnya diproduksilah aki kering yang tanpa perawatan. Tanpa harus memantau ketinggian aki kering. 

Ada beberapa syarat ketika ingin menghidupkan aki kering yang telah lemah. Yaitu elemen didalamnya tidak boleh berkarat. Jadi langkah awal yaitu silahkan di silet pada bagian yang bertuliskan DO NOT OPEN. Buang air aki di tempat yang aman tapi biasanya kalau tidak kuat untuk starter motor dan setelah dicek dengan volt meter kurang dari 12 volt biasanya air telah habis alias mengering.

Jangan salah paham meskipun aki kering tetap juga memiliki cairan untuk menghasilkan listrik. Setelah dibuka dan dilihat menggunakan senter elemennya. Apakah berwarna silver atau terdapat karat - karat yang menempel. Jika sudah berkarat kemungkinan normal lagi cukup sulit. Karena meskipun aki diisi oleh air yang baru tetap tidak akan bisa menyimpan daya listrik. Setelah dilihat elemen masih berwarna silver siapkan air aki zuur dan air aki destilasi. Air destilasi ini biasa disebut air untuk menambah jumlah air pada aki basah yang kurang. Siapkan suntikan dan lap bersih. 

Campurkan dengan perbandingan  50:50 caranya dengan menggunakan tutup botol. Tuangkan air di tutup tersebut dan samakan jumlahnya disebuah baskom. Misal air aki zuur 3x tuang maka air aki biasa juga 3x tuang. Alasan harus dicampur ini sederhana. Jika murni 100% air aki zuur biasanya jeroan element didalam aki akan rontok karena saking kerasnya. Beda dengan aki yang masih baru pastinya memiliki daya tahan yang lebih baik. Jika diisi dengan air destilasi 100% maka element didalam aki tidak bisa bereaksi menghasilkan listrik. Jadi cairan yang diisi ini harus pas. Tidak merusak elemen tapi bisa menghasilkan listrik.

Isikan kira - kira 12 ml. Kalau terlalu penuh juga bahaya karena bisa meluber dan merusak daerah yang ditempati aki tersebut. Jadi 12 ml itu gak kurang gak lebih. Setelah itu lakukan pengecasan. Tapi biasanya tanpa di cas bisa otomatis full voltase nya. Karena elemen yang didalam masih bagus dan diisi dengan perbandingan air zuur dan air destilasi yang tepat. Jika ingin dicas biasakan lubang pengisian yang tadi dibuka. Fungsinya agar uap yang dihasilkan dari pengecesan bisa keluar. Jika ditutup aki bisa menggembung dan bersiko meledak karena didalamnya ada tekanan. Jika sudah selesai silahkan tutup tanpa perlu di lem. Karena jika takaran pas air tidak akan meluber. 

Saya telah menggunakan trik ini dan hampir semuanya berhasil. Kecuali aki dengan elemen yang berkarat. Lumayan memangkas pengeluaran untuk beli aki baru. Dengan menggunakan trik ini aki bisa bertahan minimal 1 tahun.

Belum ada Komentar untuk "Cara murah dan efektif perbaiki aki kering yang tekor"

Posting Komentar

Bagaimana menurut pendapat kalian.. silahkan like,share dan komen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel