Penyakit komstir honda, baiknya diganti atau diperbaiki?


Bearing adalah bagian dari part sepeda motor. Internal mesin hingga bagian eksternal mesin banyak disambungkan oleh part yang satu ini. Selama ini yang saya ketahui pada umumnya bearing pada sepeda motor ada bearing bambu dan bearing pelor. Bearing bambu memiliki ketahan yang baik dibanding bearing pelor tapi dari segi harga dan pemasangan lebih unggul bearing pelor. Bearing pelor juga secara variasi lebih banyak ukurannya. Sehingga pabrikan telah memikirkan agar ketika spare part ini terjadi kerusakan diharapakan pengguna tidak kesulitan untuk membelinya di daerah masing-masing. Dari beberapa produk yang saya gunakan disini akan kita bahas secara gamblang 

Sudah gak asing lagi kalau matic honda milik saya sendiri vario 150 lansiran 2015 sedari beli baru waktu melakukan pengereman mendadak atau terkena jalan berlubang didalam stir terasa seperti ada suara gluduk. 

Awalnya saya gak terlalu peduli karena saya pikir terkena lubang. Sudah saya sempat komplainkan ke bengkel resmi cuman digetok aja pada bagian dalam stir masalah selesai. Tapi masalah ini gak beberapa timbul lagi. Akhirnya saya bawa ke bengkel biasa juga sama, pakai metode getok. Tetap saja masalah ini tidak terselesaikan. Awalnya saya pikir bearing pada roda. Tapi setelah dicek masih aman. Setelah saya coba baca diagram gambar komstir honda vario 150 masih menggunakan model bearing pelor. 

Akhirnya puncaknya ketika odometer sudah mencapai kilometer 45.000 stir terasa ngebanting. Belok ke kanan ngebanting ke kiri, begitu juga sebaliknya. Dijalan jadi khawatir kalau ingin belok. 

Pada titik ini kerusakan kemudi tidak bisa saya tolerir. Karena sudah membahayakan ketika ingin berbelok. Rasa nya tidak seimbang dan sering ingin terjatuh karena kemudi ngebuang. Saya putuskan untuk membongkar sendiri dan ingin tahu apa penyebab utamanya.

Proses bongkarnya ini lumayan bikin pin pengunci ada sebagian yang patah. Meskipun sudah coba sesuai tutorial di youtube ternyata tidak semudah itu. 


Setelah dibongkar dan coba diteliti penyebab utamanya adalah rumah bearing yang sudah kemakan. Sehingga membentuk cekungan-cekungan pada liner bearingnya. Inilah yang membuat kemudi terasa ngebanting karena pelor yang seharusnya lancar berputar mengikuti mangkok rumah bearing agak terhambat karena adanya cekungan tersebut. 

Kalo sudah gini wajib ganti. Diperbaiki dengan cara apapun sudah pasti kembali ngebanting dengan sendirinya. Spare part bearing komstir honda vario 150 seharga 90rb tanpa ongkos jasa pasang. Saya bongkar sendiri tapi kalian wajib memiliki kunci pas atau ring ukuran 32. Karena baut pengikat komstir ini bisa saja dibuka dengan cara dipahat tapi nantinya ring harus ganti baru 

Belum ada Komentar untuk "Penyakit komstir honda, baiknya diganti atau diperbaiki?"

Posting Komentar

Bagaimana menurut pendapat kalian.. silahkan like,share dan komen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel